Bursa Asia Cerah Usai Rilis Data Inflasi India

Bursa saham di wilayah Asia dan Pasifik atau lebih diketahui dengan sebutan bursa Asia bergerak menguat di permulaan perdagangan Selasa ini. Penguatan bursa Asia ini berlawanan dengan gerak bursa Wall Street dimana indeks Dow Jones mengalami tekanan yang dalam.

Pemodal di Asia tengah melihat angka inflasi India. Data yang dirilis pada Senin kemarin menunjukkan bahwa indeks harga konsumen India naik 4,83% tahun ke tahun, hampir paralel dengan perkiraan ekonom yang disurvei oleh salah satu kantor isu internasional yakni sebesar 4,8%.

Bergeser ke Jepang, data yang dirilis Bank of Japan menunjukkan bahwa inflasi korporasi stabil di bulan April dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tetapi harga impor melonjak 6,4% dari tahun ke tahun di bulan lalu, kemungkinan besar disebabkan oleh penurunan tajam yen.

Mengutip CNBC, Selasa (14/5/2024), indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,7%, walaupun indeks Topix bertambah 0,6%.

Indeks Kospi Korea slot online 777 Selatan naik 0,18%, walaupun Kosdaq yang berkapitalisasi lebih kecil naik 5%.

di Australia, indeks S&P/ASX 200 turun 0,08%.

Indeks Hang Seng Hong Kong siap untuk melanjutkan kenaikan dari hari Senin, dengan kontrak berjangka di 19,209 dibandingkan dengan penutupan terakhir indeks di 19,115.06. HSI ditutup melalui angka 19,000 pada hari Senin — untuk pertama kalinya sejak Agustus 2023.

Data India
Inflasi konsumen India pada April memenuhi ekspektasi sebesar 4,83%. Indeks harga konsumen India tumbuh 4,83% tahun ke tahun di bulan April, turun sedikit dari 4,85% yang tercatat di bulan Maret dan melambat selama empat bulan berturut-ikut.

Meskipun ini yakni tingkat inflasi paling lambat sejak Juni 2023, angka hal yang demikian sedikit di atas perkiraan para ekonom sebesar 4,8%.

Kementerian Statistik India mengatakan inflasi di daerah pedesaan tumbuh lebih tajam sebesar 5,43%, walaupun tingkat inflasi perkotaan mencapai 4,11%.

Kementerian juga menambahkan bahwa inflasi pada golongan baju dan alas kaki, perumahan dan bahan bakar menurun dibandingkan bulan sebelumnya.