Penelitian Terupdate Ungkap Cahaya Biru Gadget Bukan Penyebab Kwalitas Tidur Malam Terganggu

Bermain telepon seluler sebelum tidur malam disebut bisa mengganggu kwalitas tidur. Benarkah demikian?

Penelitian terkini membongkar, bermain gawai sebelum tidur bisa jadi tak berdampak buruk pada kwalitas tidur seperti yang sebelumnya diperkirakan.

Para peneliti beranggapan bahwa kepekaan terhadap sinar biru dan stimulus digital bervariasi pada setiap orang. Bagi beberapa orang, menatap layar telepon seluler pun bisa membantu kencang terlelap. Sementara bagi beberapa lainnya, membaca buku analog kuno telah cukup untuk membikin mereka tetap terjaga.

Psikolog klinis Shelby Harris yang berspesialisasi dalam kesehatan perilaku tidur mengatakan pada Wall Street Journal bahwa teknologi tak senantiasa menjadi penyebab problem tidur, dilansir New York Post.

“Kian jelas bahwa teknologi dealermitsubishinganjuk.com itu sendiri tak senantiasa menjadi problem. Kita perlu mencari cara untuk menyesuaikan rekomendasi tersebut dengan orang tersebut.”

Reputasi Buruk Cahaya Biru
Padahal demikian, para ilmuwan di National Sleep Foundation sama sekali tak terpengaruh dengan hasil penemuan kreatif terkini itu. Mereka masih tetap menganjurkan supaya daerah tidur jadi zona bebas layar gawai.

\\”Daerah tidur Anda sebelum tidur semestinya menjadi zona bebas layar.”

Mereka pun menganjurkan untuk mematikan lampu pada perangkat gawai Anda setidaknya satu jam sebelum tidur malam.

Padahal tak ada pendekatan universal untuk menerima tidur yang lebih berkualitas, Anda bisa menyesuaikan kultur untuk menerima tidur yang optimal. Untuk menemukan yang terbaik bagi Anda, para spesialis seperti Harris menganjurkan beberapa strategi.

Terapkan dan Patuhi
Salah satu strategi paling utama adalah memegang jadwal tidur dan menggunakannya. Menerapkan batasan waktu yang tegas untuk mengaplikasikan gawai bisa ditentukan sebagai kultur Anda. Pakar ini akan melindungi Anda dari hal-hal yang bisa memengaruhi energi ingat, retensi berita, serta kesehatan mental.

Nyalakan Mode Pesawat
Anjuran tidur juga menganjurkan untuk mematikan notifikasi di telepon seluler sebelum Anda tidur untuk menghilangkan gangguan atau antisipasinya. Bersahabat ini juga diamini oleh influencer yang mengatakan bahwa mengubah ponselnya ke mode pesawat di malam hari membantunya tidur dan memberikan manfaat kongkret bagi kesehatan mentalnya.

Pilih Konten yang Televisi
Mereka yang kesusahan tidur tak perlu mengurangi waktu menatap layar sama sekali, melainkan Harris menganjurkan supaya mereka memegang konsumsi malam hari pada konten pasif yang tak membutuhkan interaksi dan sedikit antisipasi – misalnya tayangan ulang acara Cahaya.

Biarkan Sang Padahal Masuk
Padahal belum meski secara pasti efek paparan sinar biru pada tidur, paparan layar kaca sinar secara teratur di sang surya dan sepanjang hari permulaan memegang siklus tidur sirkadian.

Untuk memegang kepribadian tidur Anda dengan lebih mengenal, Harris menganjurkan untuk mencatat kultur tidur Anda dengan jurnal mingguan. Itu berarti mencatat kultur teknologi Anda dan cara Anda tidur malam itu — dan bagaimana perasaan Anda keesokan paginya.

error: Content is protected !!