Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Angkat Kepercayaan di Tanah Jawa, Dijamin Bikin Tidurmu Nggak Tenang!

Semakin relate sebuah film horor, maka bakal jadi mencekam kala kita menontonnya. Apalagi, kejadian-kejadian mistis yang diangkat berada sangat dekat di kurang lebih kita. Terutama di Indonesia tersedia banyak sekali mitos atau takhayul di beraneka area yang sering kali kita dengar sejak kecil. Salah satu film yang mengangkat mitos keyakinan penduduk Indonesia baru-baru ini udah rilis dengan judul PRIMBON.

Film yang udah dirilis pada 10 Agustus 2023 ini mengangkat kisah perihal sebuah kitab warisan leluhur Jawa yang bernama Primbon layaknya judulnya. Film PRIMBON bercerita slot thailand perihal keluarga keturunan kerajaan yang hidup menjunjung kebudayaan leluhur Jawa. Terjadi kejanggalan yang dialami tokoh utamanya setelah jalankan pendakian ke gunung. Setelah beraneka upaya dikerjakan terungkap bahwa kejanggalan tersebut tentang dengan pelanggaran yang ia jalankan pada primbon di jaman lalu.

Kalau KLovers lagi melacak kisah-kisah mencekam sejenis, yuk, lihat 5 rekomendasi film horor tersebut yang mengangkat kisah keyakinan di tanah Jawa yang bakal buat merinding! Mulai berasal dari legenda malam satu suro sampai misteri di balik lagu lingsir wengi, siapin diri anda untuk hadapi mimpi-mimpi menakutkan setelah saksikan deretan film ini ya!

  1. Satu Suro

Menurut kepercayaan, malam satu suro merupakan pas di mana arwah leluhur berasal dari keluarga yang udah meninggal lagi mengunjungi keluarganya. Ketika malam itu tiba, penduduk yakin beberapa larangan yang pantang untuk dilakukan. Seperti larangan untuk berkata keras, jalan-jalan di malam hari, sampai mengadakan pesta.

Adinda, yang tengah hamil besar, dengan suaminya Bayu, baru saja tukar ke tempat tinggal terpencil. Namun, tempat tinggal tersebut mulai dihantui oleh momen aneh yang sebabkan Adinda diusik oleh entitas gaib dan mengalami halusinasi. Saat Adinda merasakan kontraksi persalinan, Bayu membawanya ke tempat tinggal sakit. Setelah menjaga Adinda, Bayu lagi ke tempat tinggal untuk mengambil alih barang-barang, namun menemukan bangunan tua kosong dan mencekam. Warga setempat mengutarakan bahwa tempat tinggal sakit itu udah tutup selama 15 tahun. Meskipun terdengar suara-suara aneh, Bayu wajib senantiasa tinggal di sana untuk melacak istrinya yang bakal langsung melahirkan.

SATU SURO udah dirilis pada 2018 lalu, di bawah produser Manoj Punjabi yang udah banyak membuahkan beraneka karya horor mencekam layaknya KKN DI DESA PENARI (2023), SEWU DINO (2023), dan DANUR (2017). Film ini diperankan oleh aktris bertalenta Citra Kirana dan Nino Fernandez seorang aktor keturunan Jerman.

Ayo mengikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita paling baru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

  1. Tarian Lengger Maut

Kesenian tari tradisional asli Banyumas ini punya kisah di baliknya. Tari lengger yang berasal berasal dari Jawa Tengah ini biasanya dimainkan oleh penari pria yang berdandan layaknya perempuan. Tarian lengger bertujuan untuk mengingatkan penduduk bakal kebesaran Tuhan-Nya serta pesan untuk mengajak semua orang berdiri teguh dalam membela kebenaran dan jauhi keburukan. Salah satu mitos berasal dari tarian tersebut adalah larangan untuk mengenakan busana dengan warna khusus supaya para penari tidak mengalami kesurupan.

Film TARIAN LENGGER MAUT mengisahkan perihal penghuni baru di Desa Pagar Alas, seorang dokter yang rahasia kelamnya adalah seorang pembunuh berdarah dingin yang mengidap obsesi pada jantung manusia, dan tak sengaja bertemu dengan Sukma seorang penari lengger. Tarian yang dibawakan oleh Sukma sebabkan detak jantung dr. Jati berpacu tiap kali menyaksikannya. Di samping itu, suasana desa mencekam gara-gara banyak penduduk yang menghilang, dan mereka sangat percaya bahwa cuma satu cara menghentikan malapetaka itu adalah melalui Ritual Tarian Lengger. Sukma, sebagai calon penari lengger, meniti ritual untuk meraih anugerah Indang yang dipercayai bakal menjaga penari lengger dan desanya.

Film kolaborasi Visinema Pictures dan Aenigma Pictures ini dibintangi oleh Refal Hady dan Della Dartyan. Akting keduanya yang sangat totalitas sebabkan film TARIAN LENGGER MAUT jadi mencekam. Bahkan faktanya, Della Dartyan sempat berlatih menari lebih berasal dari 30 hari demi memenuhi perannya sebagai penari lengger.

  1. Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji

Film horor kali ini mengangkat kisah keyakinan tanah Jawa yang lumayan lengkap. Mulai berasal dari pesugihan, primbon, sampai weton yang di mana sering jadi percakapan penduduk sejak dulu. Kajiman, iblis yang muncul dalam film ini, adalah sosok mitologis dalam normalitas Jawa yang punya kebolehan yang diakui dapat dijinakkan dan dimanfaatkan sebagai khodam dalam upaya pesugihan. Sosok iblis tersebut konon mendekati manusia untuk merubah mereka supaya terlibat dalam praktik-praktik sesat.

Film KAJIMAN: IBLIS TERKEJAM PENAGIH JANJI bercerita perihal seorang perawat yang kehilangan ibunya gara-gara penyakit. Meski berjuang dengan penuh kesedihan, ia konsisten meniti hidupnya dengan bekerja di sebuah sarana perawatan lansia. Di sini, ia menjaga seorang pasien lanjut usia yang menderita penyakit misterius. Namun, kala menjaga pasien tersebut, ia mulai mengalami serangkaian teror supranatural yang belum dulu ia hadapi sebelumnya. Terpojok dalam ketakutan, ia pun menghendaki perlindungan berasal dari sahabatnya. Seiring pas berjalan, keduanya jadi terlilit dalam ritual sesat pengikut Kajiman.

Pemeran Ayu dalam KKN DI DESA PENARI, Aghniny Haque jadi pemeran utama dalam film ini yang memerankan tokoh Asha, ditemani aktor tampan bernama Jourdy Pranata sebagai Ismail. Yang jadi sebabkan film ini mengerikan adalah setting yang diambil sangat dekat dengan kita, yaitu tempat tinggal sakit dan rumah.

  1. Lampor: Keranda Terbang

Berasal berasal dari kampung halaman sang Sutradara, Guntur Soeharjanto kisah horor yang diangkat film ini merupakan kisah nyata asal Temanggung, Jawa Tengah. Dilansir berasal dari Liputan6.com, Lampor merupakan istilah yang tentang dengan fenomena keranda terbang di lokasi Jawa Tengah. Menurut cerita, tersedia entitas gaib yang mengendalikan keranda tersebut dan membawanya melintasi suatu tempat. Konon, jikalau seseorang muncul pada malam hari dan lihat lampor tersebut, ia dapat menghilang tanpa jejak.

LAMPOR: KERANDA MAUT menceritakan perihal Edwin, Netta, dan anak-anak mereka, Agam dan Sekar, lagi ke kampung Netta di Temanggung. Namun, kehadiran mereka disambut dengan ragu oleh warga kurang lebih gara-gara teror Lampor, entitas gaib pembawa keranda terbang, tengah menghantui kampung tersebut. Meski Edwin berupaya membela Netta, muncul skandal gelap dan momen menakutkan yang menghantui keluarga mereka. Sementara Edwin jadi ragu pada rahasia besar yang disembunyikan oleh Netta. Situasi jadi gawat kala nyawa anak-anak mereka terancam oleh teror Lampor tersebut.

Kedua pemeran utama film ini sempat jadi sepasang kekasih di film berjudul CEK TOKO SEBELAH yaitu Dion Wiyoko dan Adinia Wirasti. Dion Wiyoko sempat menceritakan pengalaman mistis atau beberapa kejanggalan yang ia dan kru alami selama proses syuting. Hal tersebut jadi membangun suasana horor berasal dari film LAMPOR: KERANDA TERBANG yang siap sebabkan para pirsawan dihantui dalam tidur.

  1. Tembang Lingsir

Ketika lagu Lingsir Wengi diputar, beberapa berasal dari kita pasti tersedia yang kecemasan gara-gara udah tertanam mitos mengerikan perihal lagu tersebut. Lagu ciptaan seniman asal Solo, Jawa Tengah ini dipercaya dapat mendatangkan makhluk gaib kala diputar. Di samping itu, fakta memang adalah lagu ini merupakan lagu yang diciptakan sebagai wujud ungkapan kerinduan kepada istri yang udah meninggal dunia. Berdasarkan mitos di Jawa, lagu ini sangat memikat bagi hantu wanita layaknya kuntilanak.

Film TEMBANG LINGSIR mengisahkan perihal Mala yang punya pertalian erat dengan Tembang Lingsir, lagu yang dulu diajarkan ibunya sejak kecil. Setelah insiden kebakaran misterius yang sebabkan kematian ibunya, Mala tidak dapat lagi berbicara. Dia lantas tinggal di tempat tinggal pamannya, Gatot, dengan istri Gatot dan ke-2 anak mereka, Daisy dan Ronald. Di tempat tinggal tersebut, Mbok Rahma bertugas menjaga mereka. Setelah Mala tiba, suasana di tempat tinggal pun berubah drastis dengan timbulnya beraneka momen aneh. Mbok Rahma menuding Mala sebagai penyebab semua kekacauan yang terjadi. Mala mulai tersedia rahasia besar yang disembunyikan di tempat tinggal itu yang jadi akar berasal dari semua teror yang muncul, khususnya setelah dia mengetahui bahwa dia punya saudara kembarnya yang belum dulu dikenalnya sebelumnya.

Disamping kisah horornya, film ini banyak dibintangi oleh artis cantik layaknya Marsha Aruan, Jennifer Coppen, Aisyah Aqilah, serta Sarah Tuff. Marsha Aruan sebagai tokoh utama tidak punya dialog mirip sekali hampir di selama film, gara-gara ia memerankan tokoh dengan berkebutuhan khusus.