Rudal Rusia Langgar Wilayah Udara 39 Detik Picu Aktivasi Jet F-16, Polandia Tuntut Penjelasan

Polandia kemudian menuntut penjelasan dari Rusia pada hari Minggu 24 Maret 2024, setelah salah satu rudalnya tersesat sebentar ke wilayah udara Polandia selama serangan rudal besar-besaran di Ukraina, yang mendorong anggota NATO untuk mengaktifkan jet tempur F-16.

Laporan Associated Press (AP) yang dikutip Senin (25/3/2024) menyebut ini adalah serangan rudal besar ketiga yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina dalam empat hari terakhir, dan serangan kedua yang menargetkan ibu kota, Kyiv.

Gubernur wilayah Lviv, Maksym Kozytskyi, mengatakan melalui platform Telegram bahwa infrastruktur penting terkena dampaknya, namun dia tidak merinci apa sebenarnya yang terkena dampaknya. Tidak ada kematian atau cedera yang dilaporkan.

Belakangan, pihak berwenang mengatakan slot777 bahwa tim penyelamat baru saja memadamkan api di fasilitas infrastruktur penting di wilayah Lviv, yang diserang dengan rudal dan drone pada malam dan pagi hari.

Kepala administrasi militer Kyiv, Serhiy Popko, mengatakan Rusia menggunakan rudal jelajah yang diluncurkan dari pembom strategis Tu-95MS. Peringatan udara di ibu kota berlangsung selama lebih dari dua jam ketika roket memasuki Kyiv secara berkelompok dari utara.

Dia mengatakan serangan itu diluncurkan dari Distrik Engels di wilayah Saratov Rusia.

Berdasarkan data awal, tidak ada korban jiwa atau kerusakan di ibu kota, kata Serhiy Popko.