Wabah Penyakit yang Ditularkan Melalui Air Pasca-Banjir di Brasil Tewaskan 4 Orang

Pihak memiliki wewenang di negara komponen Rio Grande do Sul, Brasil mengkonfirmasi sudah terjadi 54 kasus penyakit leptospirosis yang ditularkan melalui air setelah kawasan tersebut mengalami banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya pada April dan Mei 2024.

Empat orang lainnya meninggal setelah tertular penyakit yang ditularkan melalui air yang terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi, seperti tikus.

Sebanyak 800 kasus yang dicurigai dikala ini sedang diselidiki, kata departemen kesehatan negara komponen itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari web BBC, Senin (27/5/2024).

Lebih dari 165 orang tewas dalam banjir dan banyak lainnya masih sirna.

Lebih dari 2,3 juta warga spaceman slot Brasil dari 469 kota di Rio Grande do Sul terkena akibat apa yang ditunjukkan oleh pemerintah Brasil sebagai \\”petaka iklim\\”.

Setidaknya 581.000 orang mengungsi, sementara akomodasi sementara sanggup menampung 55.000 Gaucho (orang dari Rio Grande do Sul), menurut laporan media lokal.

Banyak kota di negara komponen ini yang masih terendam air dan kondisinya bisa menyebabkan peningkatan kasus leptospirosis.

Gejala penyakit ini meliputi demam, nyeri otot, dan mual yang diikuti muntah.

Departemen kesehatan negara komponen tersebut sudah memperingatkan warga bahwa air banjir bisa bercampur dengan limbah, sehingga menyebabkan penularan penyakit seperti leptospirosis dan hepatitis A.

Brazil melaksanakan vaksinasi terhadap penduduknya terhadap penyakit hepatitis A, melainkan mengingat besarnya penyakit ini, mereka menganjurkan masyarakat untuk konsisten menghindari konsumsi air atau makanan yang mungkin terkontaminasi dengan air akibat banjir.

Upaya Pemerintah Brasil

Upaya pemulihan dan penyelamatan sedang berlangsung dan pemerintah federal sudah mengalokasikan untuk mendukung Rio Grande do Sul.

Saat air banjir semakin berkurang, skala kerusakan yang terjadi di negara komponen paling selatan Brazil ini menjadi semakin jelas.

Mereka yang bisa kembali ke rumah masing-masing mencoba menyelamatkan harta benda yang bertahan dari banjir.

Rio Grande do Sul mempunyai populasi lebih dari 10 juta jiwa di 497 kota. Negara komponen ini berbatasan dengan Uruguay dan Argentina.

error: Content is protected !!