Warga Israel Cegat Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza, Menlu Retno: Kita Kutuk Keras

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, ada upaya dari Israel untuk untuk menghalangi bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza. Retno sungguh-sungguh prihatin dengan adanya penjarahan bantuan yang dilakukan oleh Israel.

Dalam hal ini, Retno menanggapi video beredar di media sosial dimana warga Israel menggelar unjuk rasa dengan mencegat truk bantuan makanan yang hendak menuju Gaza. Salah satu truk terbuka tampak membawa ratusan kardus mi instan.

Para pendemo melempar dan slot online menggulingkan kardus-kardus itu ke jalur dan tidak ada upaya pencegahan dari aparat keamanan. Warga tampak menginjak-injak bantuan itu.

“Baru saja mengeluarkan statemen ya lagi kita prihatin bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza dari waktu ke waktu dihalangi, terakhir itu dirayah (dijarah) ya, di depan aparat Israel,” kata Menlu Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (17/5/2024).

“Pembiaran ini terus dilakukan. Saya yakin ini upaya sistematis upaya terus menghalangi bantuan kemanusiaan untuk Gaza,” sambungnya.

Retno mengutuk keras perbuatan penghambatan bantuan untuk warga Gaza hal yang demikian. Ia mengungkapkan, perlu adanya perbuatan tegas untuk mencegah terulangnya hal hal yang demikian.

“Kita keluarkan statement, kita kutuk keras hal-hal yang terjadi seperti itu dalam artian menghalangi bantuan kemanusiaan. Sebab bantuan kemanusiaan ini sungguh-sungguh diperlukan masyarakat Gaza ketika ini. Kita katakan pelaku ditindak dan ada upaya mencegah hal hal yang demikian terjadi lagi,” kata Retno.

Menlu Hubungi PBB
Retno melanjutkan, pemerintah Indonesia sudah menghubungi Dewan Keamanan PBB agar penghambatan bantuan hal yang demikian tidak terjadi lagi. Ia menegaskan, bantuan keamanan patut menjadi prioritas.

“Kita juga menjalankan call ke dewan keamanan PBB agar hal serupa tidak terjadi lagi. Kami juga sampaikan agar bantuan keamanan jadi prioritas dan dilakukan disalurkan tanpa hambatan,” pungkasnya.

error: Content is protected !!